Selamat
pagi temen” bloger kali ini saya akan share sedikit materi tentang materi animasi 2d yaitu
- Pengeertian Animasi 2D
- SejarahAnimasi
- Prinsip Animasi
yuk langsung aja masuk ke materinya...
Pengertian animasi 2D
Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam
lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut,
atau “frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar
2 tipe dari 2D animation :
1.
Cel
animasi
2.
Path
animasi
Animasi Cel
berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar dalam pembuatan animasi jenis
ini ketika tahun-tahun awal adanya animasi. Animasi cel merupakan
lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan bagian
yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel, cel
pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain,
dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun
berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan, terlihat
seperti satu kesatuan. Contoh animasi jenis ini adalah film kartun seperti Tom
and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.
Animasi Path
adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah
ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak
mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi,
sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam
Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path,
teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan
gerakan objek.
nah itu sedikit materi yang saya ingin sampaikan, bagi temen"bloger yang
pengin baca materi lengkapnya yaitu sejarah animasi dan prinsip animasi bisa dowload
file di link ini
http://en.wikipedia.org/wiki/Animation_history#Early_approaches_to_motion_in_art
http://www.awn.com/mag/issue4.10/4.10pages/cohenmilestones2.php3
Comments
Post a Comment